Pertumbuhan Bayi Pada Usia 3 Bulan

Pertumbuhan Bayi Pada Usia 3 Bulan - Bayi adalah hadiah terindah yang kita dapatkan dari yang Maha Kuasa. Bulan-bulan awal setelah kelahiran bayi adalah bulan-bulan yang sangat indah dan berarti. Pada bulan ketiga, bayi sudah mulai aktif dan belajar banyak hal seperti mengenali dan membedakan wajah ibu dan bapaknya. Perkembangan bayi 3 bulan sungguh pesat dan ia sudah mulai mengamati benda-benda disekelilingnya dan mulai ingin menyentuh benda tersebut. Sang bayi juga mulai lebih sadar dalam gerakanya dan gerak reflek bayi kemudian kebiasaan tangan menggenggam sudah mulai hilang. Bayi sudah mulai bisa menggerakan tangan untuk menyentuh benda-benda dan perkembangan jarinya juga sudah pesat. Pada usia 3 bulan bayi sudah bisa memandang dan melambaikan tangan walau sedikit tidak terarah.


Pada fase perkembangan bayi 3 bulan, sang bayi perlu diawasi lebih ketat karena dia mulai memasukkan benda-benda yang diraihnya kedalam mulut. Pada usianya yang 3 bulan bayi mulai suka mendengarkan suara-suara asing dan terutama suaranya sendiri. Pada fase ini, benda mainan bayi sudah bisa diberikan dan hendaknya dipilih benda mainan yang terbuat dari karet dengan ujung yang tumpul. Pilih juga mainan yang tidak diberi pewarna seperti cat dan juga pilih mainan yang bisa bersuara untuk melatih telinga bayi. Untuk merangsang bayi agar aktif, maka mainan tersebut bisa digantung diatas box tempat tidur.

Pada perkembangan bayi 3 bulan, maka sang bayi bisa diperkenalkan ke dunia luar dengan membawanya jalan-jalan disekitar rumah saja. Selain itu, sebaiknya bayi juga diperdengarkan lagu-lagu lembut yang bisa merangsang perkembangan otaknya. Pada usia 3 bulan, bayi sudah belajar menggumam dan suara-suara seperti P,B, dan M menjadi gumamannya yang pertama. Jangan heran bayi usia 3 bulan sudah mulai bisa menyebut mama atau papa walau masih tidak begitu jelas. Bayi pada usia 3 bulan sudah bisa diajak berkomunikasi dan cara bayi berkomunikasi adalah dengan menggerak-gerakan tanganya. Dia juga sudah bisa mengekpresikan gembira, sedih, dan tertawa. Bayi usia 3 bulan akan meraih apapun yang disodorkan kepadanya dan tertawa senang sambil kakinya menendang-nendang. Pada usia 3 bulan bayi sudah bisa menunggu ibunya untuk memberikan apa yang dia inginkan selain itu bayi juga lebih jarang menangis jika lapar dan hanya sekedar merengek saja.

Tips

Untuk memberikan bayi kesempatan mengembangkan minat terhadap hal disekelilingnya maka gendonglah bayi dengan posisi duduk dan bayi bersandar pada dada anda. Hal ini akan membuat bayi lebih bebas mengeksplorasi benda-benda disekitarnya. Dengan menggendong secara duduk, bayi juga akan lebih jarang rewel dan menangis karena dia sedang mengeksplorasi benda-benda. Sebagai orang tua, anda juga harus mulai belajar mengenali karakteristik emosional bayi anda. Amatilah reaksi dia saat marah, tertawa, dan menangis. Latih bayi dengan memperdengarkan suara-suara yang khas ataupun ajari dia untuk melakukan gerakan sederhana seperti mengajukan tangan untuk bersalaman. Dan jika anda sudah mulai masuk kantor, maka sebisa mungkin anda menegosiasikan waktu agar anda bisa tetap menyusui dan carilah orang yang bisa dipercaya untuk merawatnya. Hal ini sepertinya yang paling cocok adalah nenek. Saat bekerja, jangan tinggalkan bayi secara total karena bayi anda perlu menjalin hubungan khusus dengan anda sehingga dia tidak terlalu terikat dengan orang yang merawatnya selama anda bekerja. Tempatkan juga sang bayi dalam kamar tidur bayi beserta berbagai macam permainan yang bisa membantunya di perkembangan bayi 3 bulan secara maksimal.



Sumber : bidanku.com/Perkembangan Bayi 3 Bulan